Dalam era digital yang terus berkembang, kemajuan teknologi dalam bentuk alat Artificial Intelligence (AI) telah memberikan banyak kemudahan dalam segala aspek kehidupan. AI tidak hanya bermanfaat di dunia kerja tetapi juga sangat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas perkuliahan. Menggunakan AI dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mempermudah dan meningkatkan produktivitas mereka.

Sebelum lanjut, yuk kenali apa itu Artificial Intelligence?

Pengertian Artificial Intelligence dalam bahasa Indonesia berarti Kecerdasan Buatan. Artificial intelligence adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah. Kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia.

Menurut John McCarthy—yang pertama kali menggunakan istilah AI—mengatakan bahwa kecerdasan buatan atau AI merupakan proses memodelkan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin agar dapat berperilaku layaknya manusia. Tujuan dari AI adalah menciptakan mesin yang mampu berpikir, belajar, merencanakan, dan menyelesaikan tugas secara mandiri.

Nah bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, berikut 5 contoh platform AI yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktifitas dan membantu dalam menyelesaikan tugas kuliah:

1. SlideAI.io

SlideAI.io akan membantu Anda menyelesaikan proyek presentasi dengan cepat dan mudah, bahkan lebih dari PowerPoint. Anda hanya perlu menulis apa yang ingin Anda sampaikan. Anda dapat membuat slide presentasi Anda lebih menarik dan terlihat lebih profesional dengan alat ini.

5 Tools AI yang Membantu Mahasiswa Menjadi Lebih Produktif!

2. Scite.ai

Scite.ai akan sangat memudahkan proses mencari referensi jika anda masih melakukan penelitian. Kita hanya perlu menulis kata kunci dan mengantisipasi bahwa situs web akan menampilkan semua artikel jurnal yang mengandung kata kunci tersebut. Tidak hanya menampilkan artikelnya, tetapi juga menyertakan kalimat utuh yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Artikel_5 AI yang Membantu Mahasiswa Menjadi lebih Produktif!

3. Grammarly

Adalah AI yang membantu mahasiswa dalam mengoreksi tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan. Mahasiswa dapat menggunakan Grammarly untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa dan meningkatkan kualitas pada tulisan mereka. Alat ini dapat digunakan bersama dengan berbagai platform penulisan, seperti Google Docs dan Microsoft Word.

Artikel_5 AI yang Membantu Mahasiswa Menjadi lebih Produktif!

4. SpeechText.AI

SpeechText adalah sebuah teknologi yang mampu mengubah ucapan menjadi teks tertulis. Mahasiswa dapat menggunakan SpeechText untuk mengubah rekaman materi kuliah, wawancara, atau pun materi lain yang berbentuk audio menjadi sebuah teks. Teks yang di tampilkan yang dapat dicari,hal ini sangat mempermudah dalam merevisi catatan dan menemukan informasi penting dengan cepat.

Artikel_5 AI yang Membantu Mahasiswa Menjadi lebih Produktif!

5. ChatGPT

ChatGPT adalah chatbot AI yang dapat berfungsi sebagai asisten pribadi siswa. ChatGPT juga dapat membantu dalam menjawab pertanyaan umum, memberikan rekomendasi, dan memberikan informasi tambahan. Mahasiswa juga dapat mengajukan pertanyaan, meminta saran, atau mendapatkan bantuan dengan tugas akademik mereka.

Artikel_5 AI yang Membantu Mahasiswa Menjadi lebih Produktif!

Dengan kemajuan pesat dalam bidang kecerdasan buatan (AI), tak terbantahkan bahwa teknologi ini telah mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi. Pada dasarnya, teknologi AI ini mampu memberikan jawaban dan penjelasan yang rinci kepada sang pengguna, yang dapat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas sehari-hari. Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa rekomendasi AI yang menarik untuk dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!