Alamat IP atau IP address merupakan informasi penting yang mungkin jarang kalian pikirkan. Tapi kalian bisa saja membutuhkannya ketika sedang mengatur setup yang terkait dengan jaringan internet, jadi informasi ini penting untuk kalian ketahui.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara melihat IP address di Laptop dan HP Android, yuk kita bahas mengenai pengertian dan fungsinya terlebih dahulu.

IP address merupakan deretan angka yang dimiliki oleh komputer atau smartphone yang terhubung melalui internet. Angka-angka tersebut memiliki digit yang berbeda antara perangkat yang satu dengan yang lainnya.  IP address juga dapat disebut sebagai identitas atau alamat. Fungsi IP address adalah untuk menghubungi antara satu dengan yang lainnya.

Pada saat mengirimkan ke sebuah server, maka IP address ini berfungsi sebagai alat pengiriman data ke perangkat. IP address memungkinkan adanya proses pengiriman dan pengunduhan data.

Bagaimana Cara Cek IP Address di Laptop dan HP Android?

  • Cara Melihat IP Address di Laptop

A. Menggunakan “Command Prompt

  1. Buka menu Start dan pilih menu Command Prompt atau tekan tombol “Windows + R”.
  2. Ketik cmd dan tekan Enter.
  3. Di jendela Command Prompt, ketik ipconfig dan tekan Enter.
  4. Disini anda akan melihat informasi IP Configuration Anda di jendela Command Prompt, termasuk alamat IP yang terhubung dengan koneksi jaringan Anda.

2. Melalui Pengaturan Jaringan & Internet

  1. Klik tombol Start dan pilih Settings.
  2. Pilih Network & Internet  dan pilih Wi-Fi atau Ethernet tergantung pada jenis koneksi Anda.
  3. Klik pada koneksi yang aktif, dan di bagian bawah, anda akan melihat informasi IP Address yang terhubung dengan koneksi tersebut.
  • Cara Melihat IP Address di HP Android

 A. Melalui Pengaturan Wi-Fi

  1. Buka pengaturan Settings dan pilih Connections atau Wi-Fi.
  2. Pilih jaringan Wi-Fi yang sedang digunakan.
  3. Informasi IP Address akan terlihat pada halaman informasi Wi-Fi.

B. Melalui Pengaturan “About Phone”

    1. Buka Settings dan cari About Phone.
    2. Pilih Status atau About Phone.
    3. Cari informasi IP Address untuk mengetahui alamat IP perangkat Anda.

Mengetahui cara melihat IP address pada Laptop dan HP Android merupakan pengetahuan yang penting dalam mengelola koneksi jaringan internet dan meningkatkan keamanan digital device kalian.

Pada artikel ini, kami telah memberikan berbagai cara untuk cek alamat IP di perangkat Laptop dan HP Android. Semoga artikel ini bermanfaat!